Pentingnya Implementasi Nilai Nilai Iman Dalam
Kehidupan Sehari Hari
Pengaruh Pengaitan Nilai Keimanan dan Ketaqwaan dalam Pembelajaran Kimianilai keimanan dan ketaqwaan pada pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar dan
persepsi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan
eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI Lawang Malang, dengan sampel
penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40
siswa. Kelas ekperimen menerima pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimana ... kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan yang sudah ada seharusnya
sistem pembelajaran di Indonesia mampu menciptakan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang
beriman dan bertaqwa serta berilmu pengetahuan yang tinggi. Kondisi-kondisi tersebut ...
AbstrakPendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan yang sudah ada seharusnya sistem pembelajaran di Indonesia
mampu menciptakan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa serta berilmu
pengetahuan yang tinggi. Kondisi-kondisi tersebut akan tercapai apabila semua proses pembelajaran di sekolah
khususnya pembelajaran kimia, dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan, keimanan dan
ketaqwaan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan
pada pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran
tersebut.Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu. Populasi penelitian
adalah siswa kelas X SMA PGRI Lawang Malang, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas
kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Kelas ekperimen menerima
pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan, sedangkan kelas kontrol menerima
pembelajaran kima tanpa dikaitkan dengan nilai-nilai tersebut pada pokok bahasan Hidrokarbon dan Minyak
Bumi. Prestasi belajar siswa diukur dengan tes objektif ...
Read Article
Ruang Lingkup Pengembangan Nilai-Nilai Agama Bagi Anak Taman Kanak-Kanak
pentingnya keteladanan dari lingkungan dan orang tua/keluarga anak kesesuaian dengan kurikulum spiral
prinsip developmentally appropriate practice (DAP) prinsip psikologi perkembangan anak prinsip monitoring yang
rutin ... Nilai-nilai Agama Bagi Anak Taman Kanak-kanak Berdasarkan GBPKB TK pengembangan nilai-nilai
agama untuk anak Taman Kanak-kanak berkisar pada kegiatan kehidupan sehari-hari. Secara khusus
penanaman nilai-nilai keagamaan bagi anak Taman Kanak-kanak adalah meletakkan dasar-dasar keimanan,
kepribadian/budi pekerti yang terpuji dan kebiasaan ibadah sesuai dengan kemampuan anak. Ada 3 aspek yang
harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak Taman
Kanak-kanak, ... kehidupan sehari-hari. Secara khusus penanaman nilai-nilai keagamaan bagi anak Taman
Kanak-kanak adalah meletakkan dasar-dasar keimanan, kepribadian/budi pekerti yang terpuji dan kebiasaan
ibadah sesuai dengan kemampuan anak. Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan
penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak Taman Kanak-kanak, yaitu aspek usia, aspek fisik, dan aspek
psikis anak. Rasa keagamaan dan nilai-nilai keagamaan akan tumbuh dan berkembang seiring dengan
pertumbuhan d ... sehari-hari. Secara khusus penanaman nilai-nilai keagamaan bagi anak Taman Kanak-kanak
adalah meletakkan dasar-dasar keimanan, kepribadian/budi pekerti yang terpuji dan kebiasaan ibadah sesuai
1/2
dengan kemampuan anak. Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan penanaman
nilai-nilai keagamaan kepada anak Taman Kanak-kanak, yaitu aspek usia, aspek fisik, dan aspek psikis anak.
Rasa keagamaan dan nilai-nilai keagamaan akan tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan dan
perkemb ...
Ruang Lingkup Pengembangan Nilai-nilai Agama Bagi Anak Taman Kanak-kanakBerdasarkan GBPKB TK
pengembangan nilai-nilai agama untuk anak Taman Kanak-kanak berkisar pada kegiatan kehidupan sehari-hari.
Secara khusus penanaman nilai-nilai keagamaan bagi anak Taman Kanak-kanak adalah meletakkan
dasar-dasar keimanan, kepribadianbudi pekerti yang terpuji dan kebiasaan ibadah sesuai dengan kemampuan
anak. Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada
anak Taman Kanak-kanak, yaitu aspek usia, aspek fisik, dan aspek psikis anak. Rasa keagamaan dan nilai-nilai
keagamaan akan tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan psikis maupun fisik
anak. Perhatian anak terhadap nilai-nilai dan pemahaman agama akan muncul manakala mereka sering melihat
dan terlibat dalam upacara-upacara keagamaan, dekorasi dan keindahan rumah ibadah, rutinitas, ritual orang
tua dan lingkungan sekitar ketika menjalankan peribadatan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
perkembangan nilai-nilai keagamaan pada diri anak, yaitu faktor pembawaan (internal) dan lingkungan
(eksternal).Sifat-sifat Pemahaman Anak Taman Kanak-kanak pada Nilai-nilai KeagamaanSifat-sifat pemahaman
anak usia Taman Kanak-kanak terhadap nilai-nilai keagamaan pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di
antaranya Unreflective pemahaman dan kemampuan anak dalam mempelajari nilai-nilai agama sering
menampilkan suatu hal yang tidak serius. Mereka melakukan kegiatan ibadah pun dengan sikap dan sifat dasar
yang kekanak-kanakan. Tidak mampu memahami konsep agama dengan mendalam. ...
Read Article
2/2
0 Comments