Advertisement

header ads

Teori Tafsir budaya atau interpretasi simbolik

Interpretasi simbolik adalah kajian mengenai istilah-istilah dasar yang dengannya kita memandang diri kita sendiri sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dan mengenai bagaimana istilah-istilah dasar ini digunakan oleh manusia untuk membangun suatu mode kehidupan bagi diri mereka sendiri. Prinsip-prinsip epistemologi dari antropologi simbolik secara alamiah tergantung pada premis-premis ontologis. Asumsi-asumsi dan konsep-konsep juga diasosiasikan dengan antropologi penduduk simbolik. Pertama, adalah konsep Victor Turner (1969) mengenai karakter simbol multivokalik atau kemampuan simbol untuk merepresentasi beberapa makna yang berbeda-beda sekaligus.

Contoh kasus sehari Ketika terjadi proses komunikasi antara mahasiswa dengan staf atau pegawai akademis untuk mendapatkan informasi, mahasiswa sering masuk atau melanggar wilayah yang sudah dibatasi oleh aturan yang berlaku. Atau sang pegawai tidak dapat memberikan informasi yang memuaskan kepada mahasiswa tersebut sesuai harapannya, sehingga membuat si mahasiswa tidak puas, mungkin mengomel, mengumpat.
Kelebihan dari Interpretasi simbolik berusaha mengungkap realitas perilaku manusia. Interaksi simbolik adalah interaksi yang memunculkan makna khusus dan menimbulkan interpretasi atau penafsiran.. Bagaimana suatu hal menjadi perspektif bersama, bagaimana suatu tindakan memberi makna-makna khusus yang hanya dipahami oleh orang-orang yang melakukannya. Kelemahan dari teori ini adalah adanya pemaknaan simbol yang sulit dimaknai jika subjek tersebut adalah tidak sesuai dengan symbol-simbol yang disepakati bersama oleh masyarakat.

Post a Comment

0 Comments